Seputar CCTV: Kelemahan Serta Manfaatnya

CCTV atau Closed circuit television yang berguna dalam berbagai cara. Menggunakan untuk pengawasan ruangan atau tempat termasuk keamanan rumah, pengawasan toko, pengawasan lalu lintas dan memonitor karyawan. Konsumen harus berhati-hati ketika memilih kamera. Sementara penggunaan perangkat harus menjadi pertimbangan utama ketika memilih CCTV, pilihlah kamera sesuai dengan kebutuhan Anda.

Hasil gambar untuk sistem cctv

Di era dahulu kita mengenal CCTV sebagai peralatan yang berfungsi untuk memantau aktivitas di sekelilingnya. CCTV (Closed Circuit Television) adalah jenis televisi yang menggunakan sirkuit tertutup, yang berarti menggunakan sinyal yang bersifat tertutup atau terbatas jangkauannya, tidak seperti televisi biasa yang merupakan sinyal siaran dengan jangkauan luas. Pada umumnya CCTV digunakan sebagai pelengkap keamanan dan banyak dipakai di dalam industri-industri seperti

  • militer,
  • bandara,
  • toko,
  • kantor,
  • pabrik, ataupun
  • perumahan pribadi.

Tetapi kelemahan CCTV adalah jangkauannya yang terbatas hanya di tempatnya, tidak dapat mengirim hasil outputnya ke tempat yang jauh. Untuk keperluan jangkauan yang mobile dan dinamis peran CCTV digantikan oleh IP Camera atau bisa kita sebut sebagai CCTV online.

CCTV menghasilkan output sinyal (data) analog sedangkan IP Camera menghasilkan output sinyal (data) digital (diantaranya berformat M-JPEG atau MPEG-4) yang bisa langsung terhubung ke jaringan digital (komputer) maupun internet dan kualitas gambarnya lebih bagus dari analog. Sinyal analog dari CCTV bisa diintegrasikan ke jaringan digital (komputer) dengan menambahkan peralatan DVR (Digital Video Recorder) atau Video Encoder. Karena kemampuannya terhubung langsung dengan jaringan internet tersebut menjadikan IP Camera sebagai solusi tepat proses pemantauan secara online dan mobile, yang memantau kondisi tempat yang kita inginkan di manapun kita sedang berada, dengan smart phone melalui jaringan internet. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan CCTV info selengkapnya.

  1. Bagi pemilik toko dapat memantau dan merekam segala bentuk aktifitas yang terjadi pada area / lokasi konsumen dari jarak jauh dari mana saja, tanpa batasan jarak.
  2. Selain itu dapat memantau dan merekam segala bentuk aktifitas yang terjadi dari luar area / lokasi konsumen dengan menggunakan PDA , laptop, atau PC secara real time dari mana saja.
  3. Rekam dan simpan hasil monitoring secara otomatis kedalam hard copy baik hasil rekaman selama full 24 jam atau hasil rekaman motion detect merekam hanya jika ada gerakan yag terjadi pada daerah yang dipantau.
  4. Dapat berfungsi sebagai  alarm, yang akan membunyikan suara sirene pada computer anda atau mendial no telp / HP anda secara otomatis pada saat ada kejadian  yang tidak dikehendaki jadi bukan hanya sebagai alat pantau untuk mengawasi saja, CCTV ini sekaligus  berfungsi ganda memproteksi dan melindungi asset serta tempat anda dari ancaman kejahatan.
  5. Dengan mengkombinasi fungsi –fungsi motion detect, alarem dial, serta inrecording,maka anda tidak harus terus menerus mengawasi camera cctv anda. Semua hasil monitor akan tersimpan di komputer dan jika ada kejadian yang tidak di kehendaki anda akan dihubungi secara otomatis pada saat itu juga.

CCTV menghasilkan output sinyal (data) analog sedangkan IP Camera menghasilkan output sinyal (data) digital (diantaranya berformat M-JPEG atau MPEG-4) yang bisa langsung terhubung ke jaringan digital (komputer) maupun internet dan kualitas gambarnya lebih bagus dari analog. Sinyal analog dari CCTV Jakarta bisa diintegrasikan ke jaringan digital (komputer) dengan menambahkan peralatan DVR (Digital Video Recorder) atau Video Encoder. Karena kemampuannya terhubung langsung dengan jaringan internet tersebut menjadikan IP Camera sebagai solusi tepat proses pemantauan secara online dan mobile, yang memantau kondisi tempat yang kita inginkan di manapun kita sedang berada, dengan smart phone melalui jaringan internet. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan CCTV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *