Mengatasi AC Rumah yang Terjadi Kebocoran

apartment, bed, bedroom
sumber: pexels.com

Kebocoran pada AC sering dikeluhkan para pengguna AC. Kebocoran pada AC atau menetesnya air di AC ini tentunya sangat mengganggu kenyamanan. Terlebih jika kebocoran AC itu mengenai tepat di atas tempat tidur atau peralatan rumah tangga lainnya. Banyak yang belum mengetahui apa yang menjadi penyebab AC menjadi bocor. Ada beberapa penyebab yang membuat AC menjadi bocor.

Pertama, kebocoran yang terjadi pada unit indoor AC rumah dimana sering terjadi aliran pembuangan tetesan air yang tersumbat. Tersumbatnya aliran air ini diakibatkan dari debu maupun kotoran yang melekat di dalam unit indoor. Maka dari itu, jika saluran pembuangan penuh akibat kotoran yang mengendap di dalamnya sehingga otomatis pembuangan air terhambat dan air menetes melalui unit indoor.

Untuk mengatasi hal tersebut, caranya dengan membersihkan saluran pembuangan talang belakang. Agak sulit memang untuk melakukan pembersihan di talang belakang ini, karena harus menurunkan unit indoor. Pipa sambungan di unit indoor harus dilepaskan supaya unit indoor bisa dilepaskan dari rangkaian instalasinya. Kemudian turunkan unit indoor ke bawah dan semprot talang pembuangan air hingga semua kotorannya keluar. Bagi anda yang ingin mengatasi kebocoran pada AC, maka anda sebelumnya anda harus melakukan hal berikut :

  • mencabut steker listrik AC
  • membuka cashing indoor AC dan kemudian turunkan ke bawah
  • menyemprot saluran pembuangan air dengan selang air hingga semua kotorannya keluar
  • memastikan seluruh kotoran di dalam saluran pembuangan sudah tidak ada
  • memasang kembali unit indoor AC

Kebocoran pada AC hemat energi yang diakibatkan pada proses alami di pipanya disebut juga dengan kondensasi pipa. Hal tersebut disebabkan adanya perbedaan suhu yang tinggi di dalam pipa dengan suhu di luar. Umumnya kondensasi ini sering terjadi di AC yang umurnya lebih dari 5 tahun karena pembungkus pipanya kurang bagus. Untuk mengatasinya harus dilakukan penggantian pembungkus pipa dengan yang baru. Untuk melakukan pemasangannya maka harus dilakukan dengan baik dan benar serta jangan sampai ada celah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *