Apa Harus Pakai Kawat Gigi

klinik gigi kelapa gading
klinik gigi kelapa gading

Apa Harus Pakai Kawat gigi

Behel atau kawat gigi (bahasa belanda) ataukah braces di bahasa Inggris, adalah trend yg menjangkit di kalangan remaja Indonesia. Dahulu kawat gigi atau yg lebih sering disebut behel adalah satu diantara berbagai macam alternative untuk mengatasi tatanan gigi tak rata ataupun bertumpuk. Pola gigi yang kurang rata mempersulit kita ketika menyingkirkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yg sukar dijangkau, guna memperbaiki mekanisme mengunyah, dan juga pengucapan pada saat bertutur. Tatanan gigi pun tentu saja membawa dampak kurang percaya diri waktu berkenalan dgn orang-orang baru.

Tapi akhir-akhir ini pemanfaatan behel bukanlah berdasarkan masalah yang terjadi di gigi namun demi menunjang tampilannya (gaya-gayaan) yang mestinya tidak perlu dilakukan. Mengapa hal tersebut dikira kurang perlu? Lantaran mengenakan behel itu harus perawatan ekstra, pengorbanan waktu dan dana yg cukup mahal. Di bawah akan diterangkan beberapa tips atau sebagai pertimbangan sewaktu memutuskan mengenakan kawat gigi:

Sebelum Mengenakan Kawat Gigi

Ketahui Tujuan, Cocokkan dengan Akibat yg Akan Timbul
Kamu bermasalah dengan susunan gigi yang kurang teratur ataukah sebenarnya hanya ikut trend? Pertanyaan itu penting sebab jawaban pertanyaan ini penting buat menganalisis fungsi dan kendala yg akan timbul sewaktu anda memakai kawat gigi. Betul, tidak bakal ada yg meributkan walaupun anda memutuskan memakai behel / kawat gigi sebagai trend, tetapi jika iya, anda wajib tau bahaya atau dampak negatif yang timbul sesudah memasang behel salah satunya yaitu behel dapat merubah tatanan gigi. Tulang yang memegang gigi mungkin bisa rusak yg bisa membuat gigi goyang. Keadaan ini adalah masalah pelik yg tak dapat dibayar, oleh karena gigi jikalau udah goyang tak dapat kuat lagi. Sebagian akibat lain yang ditimbulkan adalah, rasa sakit sewaktu mula-mula memakai behel. Lubang gigi dan juga karang gigi bakal cepat timbul lantaran tidak gosok gigi dan juga mendahulukan kebersihan mulut. Belum lagi dampak pada jaringan lunak, yang utama pada bibir, pipi, serta gusi lebih cepat timbul bengkak pada gusi atau sariawan.

Mengetahui Cara Penggunaan
Janganlah sampai salah memilih dokter gigi, menurut pengamatan saya, di negara kita ini cukup banyak praktik pemasangan behel yg ilegal termasuk teman saya pun melakukan itu. Ilegal disini dimaksudkan praktek pemasangan behel oleh orang yg baru aja belajar (bukanlah dokter gigi) memasangkan kawat gigi dan membuka praktik dengan ongkos yang murah. Penting anda tau juga memasang kawat gigi tak semudah yg anda bayangkan karena membuat kawat gigi yg benar memerlukan prosedur pemeriksaan, rontgen susunan gigi dan cetakan dari gigi pasien untuk mengetahui posisi gigi yang benar-benar membutuhkan perbaikan. Penting dilihat memasang behel mesti dikerjakan oleh orang ahli.

Agar tak memicu efek samping, pastikanlah anda memasang behel pada orang ahli yaitu dokter gigi yg bisa memasang kawat gigi yaitu spesialis orthodonti.

Mengenali Berbagai Model Kawat gigi

Tersedia beraneka macam model behel ada yg dibuat dari clear, logam maupun transparan yang berwarna seperti warna dari gigi. Buat clear, bahannya bisa terbuat dari composite, porselin, ataupun plastik. Treatment orthodontik dapat dilakukan dengan alat lepas pasang (removable appliance), alat permanen (fix appliance) atau kombinasi.

Alat Lepas-Pasang (removable appliance)
Alat Lepas-Pasang (removable appliance) mampu memperbaiki kelainan susunan gigi yang sederhana dengan hasil yang mengagumkan. Alat orthodontik yang lepas-pasang dikelompokkan menjadi:

Plat dasar yang dibuat dari akrilik serta menempel pada langit langit rahang atas ataupun pada dasar mulut rahang bawah.
Bagian aktif yang terbuat menggunakan kawat stainless steel yang berfungsi buat menggerakkan gigi ke posisi yang seharusnya.
Bagian retensi buat mencegah supaya alat tidak lepas dari mulut.

Alat Permanen
Alat Cekat/ fix appliance yaitu alat yg direkatkan di setiap gigi yg dibedakan dalam:

Bracket dan juga band (cincin) bahannya dapat berupa metal ataupun non metal semisal plastik, komposit, dan porselen. Material-material ini mempunyai warna yg mendekati warna corak gigi. Band disemenkan pada geraham.
Archwire (busur kawat)
Pengikat yang menjadikan satu bracket dan busur kawat, terbuat dari kawat lembut maupun karet.

Pemeliharaan Selama Memakai Behel

Terdapat sejumlah hal yang mesti dilakukan jika kamu menggunakan kawat gigi yakni, tekun menggosok gigi sehabis makan, setiap saat sediakan tusuk gigi. Juga tidak boleh lupa untuk membawa sikat gigi guna membersihkan bekas makanan yg nempel pada bracket. Pakailah sikat gigi khusus untuk perawatan orthodontik / sikat gigi anak, yang bulu sikatnya lembut sehingga tak merusak bracket. Kontrol ke dokter gigi seperti janji temu yg dibuat dokter. Potong kecil-kecil semua makanan yang masuk serta kunyahlah secara hati-hati. Andai saja menggunakan karet elastik (headgear), pasanglah berdasarkan saran dokter. Ada juga hal yang dilarang ketika memasang kawat gigi yakni menyetel atau melepas behel lantaran bisa merubah susunan yg telah ditetapkan.

Sediakan Dana Lebih
Karena bahan untuk kawat gigi banyak yg perlu diimpor dari negeri tetangga, maka biaya pemeliharaan dgn alat ini bertambah mahal. Tiap konsultasi ke dokter gigi umumnya ditarik biaya lagi. Bagi yang memiliki keperluan yg banyak alangkah baik bila keinginan untuk memasang kawat gigi ditunda terlebih dahulu.

Inilah beberapa saran sewaktu anda akan memutuskan buat memakai kawat gigi atau tidak. Bila pola gigimu yg bergelombang menyebabkan anda gelisah. Gunakan kawat gigi pada dokter yang benar-benar pakar di pasang behel. Jikalau anda cuma menuruti trend serta telah mempertimbangkan masak-masak efek yg timbul itupun tidak dilarang, tapi ada baiknya menampilkan aura cantik natural diri anda.

Jika anda sedang mencari klinik gigi kelapa gading yang dokter giginya terpercaya (spesialis ortodonti). Coba saja di klinik gigi kelapa gading Tooth Signature

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *