Proyeksi Kenaikan Cadangan Devisa Stabilkan Nilai Tukar Rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak stabil pada perdagangan Selasa pekan ini. Investor menunggu data carangan devisa yang diperkirakan bakal menguat.

Mengutip Bloomberg, Selasa (7/3/2017), rupiah di buka di angka 13. 345 per dolar AS, menguat 5 basis point bila dibanding dengan penutupan perdagangan terlebih dulu yang berada di angka 13. 350 per dolar AS.

Mulai sejak pagi sampai siang ini, rupiah diperjualbelikan di kisaran 13. 341 per dolar AS sampai 13. 355 per dolar AS. Bila diliat dari pertama th., rupiah masih tetap dapat menguat 0, 90 %.

Sedang berdasar pada Kurs Rujukan Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) Bank Indonesia (BI), rupiah dibanderol di angka 13. 350 per dolar AS, menguat bila dibanding dengan patokan terlebih dulu yang berada di angka 13. 364 per dolar AS.

Dolar AS bergerak stabil pada perdagangan hari ini sesudah pada perdagangan terlebih dulu menguat cukup tajam. Penguatan Dolar AS itu karna ada kemelut geopolitik di lokasi Asia.

Suhu geopolitik memanas saat Korea Utara menembakkan rudal balistik. Pemerintah Korea Selatan menyebutkan, Korea Utara menembakkan sebagian rudal di terlepas pantai timur sejauh sekitaran 1. 000 km.

Baca juga: kurs dollar hari ini

Sesaat, Jepang menyebutkan tiga rudal Korea Utara jatuh didalam zone ekonomi eksklusif mereka serta akan tidak mentolerir aksi provokatif itu.

Sedang ekonom PT Samuel Sekuritas Rangga Cipta menerangkan, konsentrasi hari ini tertuju pada launching data cadangan devisa Februari 2017 yang BI prediksikan naik.

Kenaikan cadangan devisa yang disertai oleh prinsip BI untuk melindungi stabilitas rupiah di dalam volatilitas tinggi mendekati FOMC meeting, juga akan kurangi sentimen negatif di pasar keuangan.

” Sentimen positif masih tetap merasa di pasar SUN meskipun yield UST dengan berkelanjutan naik. Kembalinya sentimen dollar kuat dapat mendorong pelemahan rupiah sekali lagi pada hari ini, ” terang dia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *