Kenali Penyebab Bibir Pecah-pecah

Mengalami masalah pada bibir dapat mengurangi tingkat kepercyaan diri Anda. apalagi jika mengalami bibir kering dan pecah-pecah. Bibir merupakan bagian tubuh yang dapat menunjang penampilan Anda. Kecantikan dan kelembaban bibir perlu dijaga. Selain itu, kesehatan bibir juga perlu Anda perhatikan. Mengalami sariawan atau gangguan pada bibir lainnya dapat mengganggu kenyamanan Anda, terutama saat menyantap hidangan makanan. Bibir pecah-pecah harus segara Anda tangani dan mencari solusinya. Apakah penyebab bibir pecah-pecah? Berikut adalah penyebab bibir menjadi kering dan pecah-pecah.

5 penyebab bibir pecah-pecah.

penyebab bibir pecah pecah

Kurangnya Vitamin C

Vitamin C merupakan zat yang dibutuhkan untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Begitupun dengan masalah bibir. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan bibir kering dan bibir pecah-pecah yang dapat mengganggu penampilan Anda. untuk itu jagalah asupan vitamin C yang Anda konsumsi untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit, khususnya kesehatan bibir.

Sering Menjilat Bibir

Menjilat bibir merupakan kebiasaan yang bagi sebagian orang refleks dilakukan. Tapi tahukah Anda bahwa menjilat bibir malah akan menambah kering bibir Anda. Saat menjilat bibir, mungkin bibir Anda akan terasas lembab sementara. Namun air liur yang menempel pada bibir akan cepat terserap dan menyebabkan bibir kering kembali. Kandungan pada air dapat merusak kulit tipis pada bibir Anda. Enzim yang terdapat dalam air liur merupakan enzim yang membantu Anda dalam mencerna makanan. Jika Anda merasa bibir Anda kering, maka jangan menjilati bibir Anda. Gunakan lipbalm pada bibir Anda untuk menjaga kelembabannya.

Alkohol

Mengkonsumsi alkohol terlalu banyak dapat menyebabkan Anda mengalami bibir kering da bibir pecah-pecah. Mengapa demikian? Mengkonsumsi alkohol dalam  jumlah yang bayak dapat menyebabkan penyerapan nutrisi dalam tubuh terganggu yang mengakibatkan tubuh akan kekurangan vitamin. Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan dehidrasi, maka sebaiknya konsumsi air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan cairan dalam tubuh Anda.

Makanan Pedas

Bagi Anda pecinta makanan pedas atau asin dan mudah mengalami bibir yang menyebabkan bibir pecah, maka kurangilah mengkonsumsi makanan pedas atau asin. Makanan pedas atau asin dapat menyebabkan peradangan dan iritasi pada kulit bibir Anda. Perbanyak mengkonsumsi buah dan sayur untuk tetap menjaga keseimbanan pH tubuh Anda.

Paparan Sinar Matahari

Terlalu sering terkenan paparan sinar matahari menjadi penyebab utama Anda mengalami bibir kering dan peah-pecah. Sebaiknya gunakan lipbalm yang mengandung SPF15 untuk menjaga bibir tetap lembap dan mengurangi efek dari paparan sinar matahari yang dapat menyebabkan bibir kering.

Nah, itulah 5 penyebab bibir pecah-pecah yang perlu Anda ketahui. Jaga kelembapan dan keseimbangan cairan serta pH dalam tubuh Anda dengan banyak minum air putih dan  dan menggunakan Vaseline untuk melindungi kulit.

referensi artikel http://www.vaseline.co.id/skin-health-care/ini-cara-efektif-mengatasi-bibir-kering-dan-pecah-pecah.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *