Meminimalisir Biaya Pintu Gapura Rumah

Meminimalisir Biaya Pintu Gapura Rumah

Sebuah rumah biasanya memiliki pintu gapura atau lebih sering disebut dengan pintu gerbang. Ada tidaknya gapura dalam sebuah rumah dapat menggambarkan kesan awal terhadap seluruh isi rumah tersebut, karena secara tidak langsung merupakan posisi pertama dari sebuah bangunan rumah. Pintu gerbang bukan hanya digunakan pada rumah saja, namun biasanya juga terdapat pada jalan sebagai pembatas antar daerah, taman, kantor dan masih banyak bangunan lainnya yang menggunakan. Gapura dari sebuah rumah biasanya terbuat dari bahan kayu, besi maupun material bata dan semen. Jika gerbang terbuat dari kayu, maka orang sering menyebutnya sebagai pintu gebyok. Dari masing-masing jenis bahan pembentuk gapura memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Selera setiap orangpun tidak sama. Ditinjau dari segi hargapun memiliki perbedaan masing-masing. Gerbang yang terbuat dari bahan kayu biasanya lebih murah, namun kurang tahan lama. Berbeda dengan yang berbahan besi, harganya lebih tinggi namun dapat bertahan hingga puluhan tahun.

 

Sekarang ini, selera kebanyakan orang terhadap gapura kembali pada masa lalu yaitu menggunakan bahan kayu sebagai gapuranya. Rumah pintu gebyok memang sedang populer kembali dan digemari, karena memiliki nilai artistik yang tinggi serta harganya  terjangkau jika dibanding dengan pintu berbahan besi yang relatif mahal. Bahkan rumah minimalis abad ini juga telah menggunakan pintu gebyok sebagai perpaduan dengan bahan-bahan modern masa kini.

 

Harga gebyok bekas diperkirakan berkisar antara Rp 1.000.000 – Rp 20.000.000. Tinggi rendahnya harga sebuah pintu gebyok tergantung dari jenis kayu, desain pintu dan ukuran pintu. Jika menggunakan kayu jati, maka harganya dapat mencapai puluhan juta. Semakin rumit desain, maka harganya akan semakin tinggi. Serta semakin besar ukuran dari sebuah pintu gebyok, maka harganya juga akan semakin mahal. Untuk meminimalisir biaya pembelian, Anda dapat memilih jenis kayu yang sedang dengan desain yang sederhana namun tetap elegan dan sedap dipandang mata serta pilih ukuran yang sedang, jangan terlalu besar menyesuaikan dengan ukuran rumah Anda. Dengan demikian, tentu harganya akan sesuai dengan budget Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *