Kacamata Anti Radiasi

Kacamata Anti Radiasi – Pada periode ini Anda dapat melihat monitor di ponsel, tablet, laptop atau televisi Anda? Kebiasaan mata kita melihat / membaca di monitor elektronik untuk durasi yang relatif lama sangat berbahaya bagi mata kita. Dari monitor akan memancarkan sinar biru (blue rays) yang tidak bisa dihalangi oleh lensa biasa.

kacamata terhadap cahaya biru (biru melawan kilat) berarti lensa kacamata yang mampu mendukung cahaya biru yang dipancarkan oleh perangkat elektronik monitor termasuk lampu LED di rumah kita.

Kemampuan untuk menahan cahaya biru lensa ini bisa diuji melalui laboratorium internasional.

Di luar negeri, memakai kacamata ini sangat umum karena mereka menyadari bahwa hanya kacamata ini yang menggunakan lensa khusus yang mampu menghalangi sinar biru saat Anda melihat monitor elektronik.

Di Indonesia sendiri masih belum begitu umum sehingga menyadari pentingnya memakai kacamata anti-radiasi.

Tapi sekarang banyak yang menjual kacamata ini melalui kacamata online dan di toko kacamata, tapi sebelum membeli kacamata ini mereka harus menjamin kacamata yang terjual meminta bukti dokumentasi resmi yang mampu menyatakan bahwa kacamata tersebut telah diuji oleh organisme yang instansi sehingga lensa tersebut mampu menahan sinar biru atau sinar UV. Jangan hanya melihat harga murah yang Anda beli dan akhirnya Anda hanya memakai kacamata anti-radiasi yang tidak bekerja.

Sinar biru dan bahayanya bagi mata kita

Sinar biru terang dengan panjang gelombang 400-500 nm (nm). Lampu biru bisa berasal dari sinar matahari yang kuat, televisi layar, lampu neon, atau layar ponsel, tablet, komputer dan barang elektronik lainnya.

Retina adalah lapisan tipis sel yang terletak di belakang vertebrata dan cumi.

Retina adalah bagian mata yang mengubah cahaya menjadi sinyal saraf. Retina memiliki sel fotoreseptor (“batang” dan “kerucut”) yang menerima cahaya. Sinyal yang dihasilkan kemudian dikenai proses kompleks yang dilakukan oleh neuron retina lainnya, dan diubah menjadi potensial aksi di sel ganglion retina. Retina tidak hanya mendeteksi cahaya, namun juga memainkan peran penting dalam persepsi visual.

Bahaya Sinar Biru di mata kita.

Sinar biru adalah sinar berbahaya yang bisa merusak retina di mata manusia. Resiko kerusakan terjadi tergantung pada panjang cahaya,
intensitas dan durasi pemaparan. Misalnya, jika seorang anak sudah terlalu tua untuk nmelihat dan berselancar di ponsel atau tablet dan menonton televisi dari jarak dekat, maka risiko bahaya tidak diragukan lagi lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *