Inilah Amalan Ibadah Mulia di Bulan Ramadhan

1. Membaca Al-Qur’an
Seperti yang sudah sering diungkapkan bahwa ibadah pada bulan puasa pahalanya dilipatgandakan, begitu juga dengan membaca Al-Quran. Diriwayatkan, membaca Al-Quran pada bulan Ramadhan memiliki keutamaan bahwa tiap huruf yang kita baca akan mendapat pahala sebanyak 27 kali.

Bukan sekedar membaca saja, sebatas mendengar bacaan Al-Qur’an saja untuk kaum muslim yaitu pahala, jadi perbanyaklah mendekatkan diri pada beberapa aktivitas yang sehubungan dengan bacaan Al-Qur’an sepanjang bulan suci Ramadhan

2. Shodaqoh

Penyempurna beribadah puasa Ramadhan yang lain adalah bersedekah. Diriwayatkan dalam hadist shahih : Rasullah di tanya : “sedekah manakah yang paling penting? beliau menjawab : Sedekah di Bulan Ramadhan. ” (H. R. Turmudzi). Oleh karena itu dari pada bebrapa seringkali bermegah dengan harta yang kita punyai, tambah baik harta yang kita punyai kita sisihkan beberapa untuk beberapa fakir miskin yang memerlukan. Terlebih bulan Ramadhan juga bulan di mana amal baik dilipatgandakan pahalanya disisi Allah SWT.

3. Sholat Tarawih

Amalan beribadah yang satu ini termasuk juga sunnah muakad berarti tidak harus, tetapi sayang sekali pada saat bulan Ramadhan di mana pahala dilipatgandakan ini kita tidak melakukan amalan sunnah. Jadi dari pada sesudah berbuka serta magrib kita cuma bengong atau tidur, tambah baik lakukan shslat tarawih. Kita dapat mengajak keluarga atau bahkan juga kadang-kadang kawan-kawan untuk shalat tarawih dengan jadi bentuk bersilahturahmi yang berpahala juga. Jadi belum juga afdol rasa-rasanya apabila melakukan puasa Ramadhan tanpa ada melakukan shalat tarawih. Shalat tarawih ini diterangkan dalam sabda Nabi Muhammad saw : “Sesungguhnya Allah sudah mewajibkan puasa Ramadhan serta saya sudah mensunatkan qiyamnya (shalat pada malam harinya). karenanya, siapa saja berpuasa di bulan Ramadhan serta shalat dimalah harinya karna iman serta mengharap pahala dan ridha Allah, jadi keluarlah dosanya seperti pada hari dia dilahirkan oleh ibunya” (H. R. Bukhari, Muslim, Abu Dawud serta Tirmidzi).

Baca Juga : Ucapan Ramadhan

4. Sholat Witir

Shalat witir biasanya dikerjakan sekalian sesudah tawarih dikerjakan. Seperti tarawih, sholat witir juga hukumnya sunnah muakad serta disarankan oleh Nabi Muhammad saw untuk dikerjakan setiap malam. Ali r. a. berkata, bahwasannya Nabi saw. sempat bersabda : “barang siapa tidak mengerjalan (shalat) witir, jadi tidak dari golonganku. ” (H. R. Ahmad). Demikian perlunya shalat witir ini tersingkap seperti hadist di atas. Jadi apabila kita melakukan shalat tarawih, supaya lebih prima sekali lagi dirikanlah juga shalat witir sesudahnya, Insha Allah bebrapa beribadah ini adalah jalan menuju kesempurnaan puasa Ramadhan.

5. I’tikaf

Beribadah yang lain yakni yaitu Beritikaf (berdiam sesaat di masjid dengan kemauan itikaf). beribadah ini disunahkan dikerjakan pada setiap saat, terlebih pada sepuluh hari paling akhir karna pada 10 paling akhir Ramadhan serta malam-malam ganjil ada malam “lailatul Qadr. ”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *