Gejala Penyakit Kusta

Gejala Penyakit Kusta

Gejala Penyakit Kusta – Kusta yang dikenal juga dengan nama lepra atau penyakit Hansen merupakan jenis penyakit yang menyerang kulit, selaput lendir saluran pernapasan atas, sistem saraf perifer dan mata. Dimana penyakit yang satu ini umumnya terjadi akibat infeksi sejenis bakteri yang berkembang selama 6 bulan hingga 40 tahun dalam tubuh.

Gejala Penyakit Kusta

Meskipun penyakit yang satu ini masih terdengar asing di negara Indonesia. tetapi, akhir-akhir ini wabah penyakit kusta telah banyak membuat banyak orang panik. Bahkan di beberapa negara seperti di Cina, Mesir, dan India penyakit ini sangat di takuti. Pasalnya penyakit kusta ini mudah menular dan sangat sulit disembuhkan. Bahkan kebanyakan orang yang mengalami kasus kusta harus rela kehilangan anggota tubuh yang terkena kusta.

Sehingga tidak heran jika di beberapa negara, orang yang menderita penyakit kusta ini sering di jauhi atau bahkan di asingkan. Karena, penyakit yang satu ini termasuk penyakit yang bisa menular melalui kontak langsung dengan penderita. Salah satunya dari air ludah yang keluar saat berbicara, bersin dan batuk.

Bakteri yang menginfeksi dan menyebabkan penyakit kusta adalah bakteri jenis Mycobacterium leprae (M. leprae). Bakteri yang satu ini lebih sering menyerang kulit dan jaringan saraf perifer (saraf di luar otak dan sumsum tulang belakang). Sehingga tidak heran jika yang menjadi salah satu gejala umum yang di alami adalah timbulnya bercak perubahan warna putih seperti panu pada kulit, atau benjolan yang tidak hilang setelah beberapa bulan. Selain itu, masih banyak gejala lain yang bisa di alami oleh penderita kusta.

Berikut ini adalah beberapa gejala yang umum di alami oleh seseorang yang menderita kusta :

  • Mati rasa, yang menyebabkan penderita tidak bisa merasakan perubahan suhu hingga kehilangan sensasi sentuhan dan rasa pada kuli
  • Pembesaran pembuluh darah yang lebih umum terjadi di sekitar siku dan lutut.
  • Perubahan bentuk wajah
  • Hidung terasa tersumbat dan sering mengalami mimisan
  • Terjadi luka dan tidak mengalami sakit
  • Mata menjadi kering dan jarang mengedip
  • Otot tubuh melemah hingga terjadi kelumpuhan

Nah, itulah beberapa gejala awal penyakit kusta yang perlu anda perhatikan. Namun, biasanya gejala-gejala di atas baru akan muncul setelah 2-10 tahun bakteri menginfeksi tubuh. Sehingga sangat di sarankan untuk lebih berhati-hati dan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan agar penyakit kusta bisa di cegah.

Sumber : http://www.qncjellygamat.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *