Mengenal Alat Laboratorium Kesehatan Dan Fungsinya

Laboratorium tidak sebatas di sekolah, instansi pemerintah atau juga di bidang penelitian. Di Rumah Sakit dan klinik juga ada laboratorium yang biasanya kita kenal dengan istilah laboratorium klinis. Laboratorium secara umum memiliki fungsi dan tugas pokok, yaitu sebagai bidang yang bekerja dalam urusan research atau experimen serta analisis.

Termasuk juga laboratorium medis yang ada di Rumah Sakit, memiliki fungsi dan peranan dalam bidang penelitian dan analisa. Untuk melakukan hal itu tentu saja harus ditunjang dengan peralatan yang memadai. Apa saja peralatan yang dibutuhkan ? yuk kita simak ulasan singkat mengenai alat laboratorium kesehatan dan fungsinya berikut ini.

Contoh Alat Laboratorium Kesehatan

1. Chemistry Analyzer

Pembahasan alat laboratorium kesehatan dan fungsinya yang pertama yaitu sebuah alat analisis unsur Рunsur kimia yang terkandung di dalam darah. Alat ini juga dinamakan photometer karena menggunakan prinsip photometri. Sampel darah yang diambil dari pasien kemudian diproses dengan centrifuge sehingga menjadi sebuah serum yang kemudian dianalisa dengan photometer. Harga Chemistry Analyzer cukup mahal, sehingga tidak semua rumah sakit memiliki alat ini di laboratorium miliknya.

2. Mikroskop

Alat ini sebenarnya tidak terbatas di laboratorium klinis saja. Melainkan hampir di semua jenis laboratorium alat ini ada dan digunakan di sana. Mikroskop merupakan satu alat yang digunakan untuk pengamatan benda – benda yang sangat kecil yang tidak bisa dilihat dengan menggunakan mata. Di laboratorium medis alat ini bisa digunakan untuk meneliti sel – sel darah dan lain sebagainya,

3. Rotator

Rotator merupakan satu alat yang memiliki fungsi untuk mengaduk, mengocok dan mencampur larutan yang dibuat untuk keperluan penelitian atau pemeriksaan. Terdapat banyak jenis rotator yang ada di laboratorium, semuanya memiliki fungsi masing – masing. Seperti jenis roller shaker yang memiliki fungsi untuk memutar tabung koagulan darah sebelum dianalisa dengan alat hematology.

Masih terdapat banyak alat – alat lainnya yang bisa anda ketahui di sana. Tiga contoh alat laboratorium kesehatan dan fungsinya pada pembahasan diatas saya kira cukup untuk memberikan gambaran kepada kita tentang jenis dan macam alat – alat yang ada di laboratorium kesehatan. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *