Tips Hemat Bangun Rumah Minimalis

Mempunyai rumah minimalis sendiri adalah keinginan semua orang, tetapi membangun rumah minimalis tidaklah mudah dan segampang yang dibayangkan. Apalagi kebutuhan pokok semakin naik, ditambah lagi harga bahan material yang setiap tahun tidak bisa dipastikan.

Banyak orang yang terjebak ketika membangun rumah minimalis, awalnya ingin menghemat biaya tetapi malah terdesak karena jumlah dana yang tersedia jauh lebih sedikit dari dana yang diperlukan untuk pembangunan. Selain itu untuk membangun rumah minimalis membutuhkan waktu yang lama, Anda harus bersabar untuk menempati rumah yang sudah Anda idam-idamkan.

Beberapa permasalahan di atas bisa diatasi dengan perencanaan pembangunan Anda yang matang, berikut tips hemat membangun rumah minimalis :

  1. Perencanaan pembangunan

Langkah awal untuk membangun rumah minimalis adalah mengetahui dengan pasti berapa ukuran rumah yang diperlukan, dana yang harus disiapkan serta lamanya waktu pengerjaan. Waktu juga bisa menjadi masalah yang besar, jika terjadi pengaretan ditengah-tengah waktu pengerjaan bisa membuat dana Anda bengkak dalam pembayaran tukang. Sehingga Anda harus mencari jasa kontraktor yang profesional agar semua perencanaan Anda bisa terencana dengan matang.

  1. Menentukan desain bangunan

Ternyata desain rumah sangat berpengaruh terhadap lamanya waktu pengerjaan dan banyaknya barang yang dibutuhkan. Semakin rumit desain rumah yang Anda inginkan, semakin lama waktu yang dibutuhkan dan banyaknya barang yang diperlukan, misalnya Anda membuat rumah dengan bentuk segitiga atau yang mempunyai bentuk sudut lainnya.  Ini memerlukan pengerjaan yang hati-hati karena jika terjadi kesalahan bentuknya tidak akan sempurna, selain itu ini membuat pemborosan barang karena sisa bahan dari sudut-sudut yang dibentuk tidak terpakai.

Pilihlah desain minimalis karena selain menghemat biaya, desain ini simple dan tidak memerlukan waktu yang lama.

  1. Berhati-hati memilih juru bangunan

Banyak orang yang dibutuhkan ketika membangun rumah minimalis, salah satunya adalah tukang bangunan karena mereka yang mengerjakan rumah Anda dilapangan. Dana yang disiapkan untuk merekapun tergolong banyak karena mereka memiliki tarif tersendiri. Untuk itu Anda perlu hati-hati ketika memilih juru bangunan, agar proses pengerjaan rumah Anda berjalan dengan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *