Tips Executive Search Firms: Mengapa Perencanaan Sumber Daya Manusia itu Penting bagi Perusahaan

Artikel ini dipersembahkan oleh Potentiahr.com, sebuah executive search firms terbaik di Indonesia. Orang yang tepat untuk suatu pekerjaan bisa tercapai apabila perusahaan memiliki perencanaan sumber daya manusia yang baik. Karena perusahaan sudah mengetahui kualitas sumber daya manusia yang dibutuhkan, maka penempatan karyawan yang tepat untuk suatu posisi bisa terlaksana dengan cepat dan optimal, dan apa yang harus dilakukan jika harus menambah staf, kemudian bagaimana mempertahankan staf yang mempunyai kualitas di atas rata-rata.

Tingkatkan Efisiensi dan Efektifitas sebuah Perusahaan

Jika jumlah sdm di perusahaan tidak lagi efisien & efektif, maka penempatan ulang akan dilakukan sistem perencanaan sumber daya manusia. Hal ini bertujuan supaya setiap karyawan menempati posisi yang tepat, artinya sesuai kemampuan dan skill yang dimilki orang tersebut. Jika hal ini bisa terlaksana dengan baik, maka setiap karyawan akan mampu berkontribusi secara maksimal untuk meraih target yang sudah ditetapkan perusahaan. Jika perusahaan Anda sedang mencari kandidat untuk ditempatkan pada posisi penting, hubungi potentiahr.com untuk proses executive search.

Pengeluaran bisa lebih Hemat

Sebelum mencari orang untuk ditempatkan di suatu jabatan, ada baiknya HR melakukan perubahan di dalam sumber daya manusia terlebih dahulu. Contohnya dengan cara memberikan promosi atau bisa juga pemindahan suatu jabatan, memberikan pensiun dini, atau dengan cara memberhentikan staf. Untuk opsi yang terakhir sudah pasti harus mengikuti undang-undang ketenagakerjaan yang ada. Jika terlebih dahulu melakukan perombakan di dalam sdm, maka perusahaan dapat menghemat biaya-biaya yang berkaitan dengan pengadaan staf atau tenaga kerja. Jika semua itu dilakukan dengan baik, penempatan ulang akan sesuai dengan yang diharapkan. Yang terpenting adalah, perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya guna menambah sumber daya manusia baru. Kendati demikian dalam beberapa kasus, adanya penambahan tenaga kerja memang harus dilakukan. Seperti Contoh , sebuah perusahaan melakukan ekspansi dengan membuka cabang baru atau bisa juga anak perusahaan yang bergerak dibidang usaha yang berbeda.

Adanya dorongan untuk Proaktif

Jika perencanaan sdm dilakukan perusahaan dengan baik, maka bisa dipastikan perusahaan akan mampu mengambil tindakan responsif dalam menghadapi dinamika pertumbuhan suatu bisnis. Alhasil, kinerja perusahaan akan lebih maksimal dan berdampak baik secara keseluruhan.

Membangun Sistem Informasi Sumber Daya Manusia yang Akurat

Elemen penting pada sebuah perusahaan dalam mendayagunakan performa adalah sistem informasi sumber daya manusia yang akurat. Tentunya hal tersebut sangatlah bermanfaat untuk perusahaan.

Terlaksananya suatu Hubungan Kerja yang Baik

Apabila sebuah perusahaan memiliki orang-orang yang kompeten dan menempati jabatan yang tepat, maka hubungan kerja akan terjalin harmonis. Tujuan dan target perusahaan akan bisa tercapai dengan cepat karena setiap orang mampu bekerjasama dengan baik sesuai dengan keahlian yang dimiliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *