Macam & Contoh Alat Kesehatan Elektromedik

Contoh alat kesehatan elektromedik sangat banyak. Apalagi kalau kita mencoba untuk berkunjung ke rumah sakit besar dengan segala kelengkapannya. Namun sudah tahukah anda apa itu alat elektromedik ? Pada kesempatan ini saya akan mengajak anda untuk berbagi informasi seputar alat kesehatan yang ada di rumah sakit, khususnya alat Рalat elektromedik.

Pengertian Alat Elektromedik

Alat Elektromedik dapat didefinisikan sebagai alat kesehatan yang berhubungan dengan listrik atau elektronik. Segala macam alat – alat medis yang mempergunakan energi listrik bisa kita masukkan ke dalam jenis alat elektromedik. Untuk memperjelas hal ini, berikut kita berikan beberapa contoh alat elektromedik.

Contoh Alat Kesehatan Elektromedik

Berikut ini beberapa contoh alat kesehatan yang termasuk dalam jenis alat elektromedik.

1. EKG / ECG

Elektrokardiografi (EKG) merupakan salah satu jenis alat elektromedik. EKG berfungsi untuk pemeriksaan aritma jantung. Alat EKG ini bekerja dengan cara merekam aktifitas kelistrikan otot jantung melalui elektroda yang ditempelkan di dada pasien. EKG merekam dan menginterpretasikan hasil rekaman menjadi grafik tegangan terhadap waktu. Grafik EKG pada orang normal akan menunjukan karakteristik yang khas, sehingga apabila ada kejanggalan akan mudah terlihat.

2. Pasien Monitor

Sebuah alat monitor kesehatan pasien secara realtime yang biasanya ada di ruangan tertentu di rumah sakit. Biasanya alat ini digunakan untuk memonitor kesehatan pasien di ruang ICU. Apa saja fungsi di dalam nonitor ini ? Pasien/patient monitor memiliki beberapa parameter untuk memantau kesehatan pasien diantaranya. Monitor EKG, SpO2, Tekanan Darah, dan lain sebagainya. Rumah Sakit biasanya membeli alat ini di toko atau suplier alat kesehatan yang jual Patient monitor dengan berbagai varian merk dan harga.

3. Defibrillator

Contoh alat kesehatan elektromedik berikutnya yaitu Defibrillator. Tahukah anda apa itu Defibrillator ? Alat ini berfungsi untuk memberikan kejutan kepada jantung pasien dengan memberikan energi listrik dalam jumlah tertentu. Hal ini dilakukan bila ada pasien yang mengalami henti jantung, atau jantung berdetak tapi tidak mampu memompa darah. Alat ini jelas menggunakan energi listik baik bekerjanya maupun sistem atau cara kerjanya.

Masih ada banyak alat lain yang termsuk ke di dalam alat elektromedik yang belum kita bahas di dalam artikel ini. Informasi untuk anda yang membutuhkan alat ini. Anda bisa kunjungi Distributor Alat Kesehatan terdekat di kota anda. Sekian, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *