Anggrek, Si Puspa Pesona

Siapa yang tak kenal bunga yang satu ini? Pastilah semua mengenalnya atau bahkan menanamnya di rumah. Bunga anggrek adalah jenis flora Indonesia yang cantik dan memesona dengan warna serta bentuk kelopaknya yang unik. Anggrek banyak ditanam sebagai hiasan di dalam rumah maupun di halaman. Tanaman ini dapat tumbuh di dinding dalam ruangan maupun di halaman rumah menempel ataupun ditanam pada pot. Walaupun hidup menempel, tanaman ini hidup mandiri dan tidak tergantung pada inangnya. Ia hanya menumpang hidup untuk mendapat angin yang sepoi-sepoi dan juga bertahan hidup karena akar serabutnya yang tidak memungkinkan untuk bertahan di media tanam.

Species anggrek di Indonesia juga sangat beragam. Tercatat lebih kurang 350 species anggrek tumbuh di Indonesia. Species-species tersebut ada yang hasil persilangan atau species asli yang sengaja diperbanyak. Jenis anggrek yang menjadi primadona dan disukai oleh ibu-ibu rumah tangga adalah jenis anggrek bulan. Anggrek ini hanya bisa ditanam di tempat yang tidak terekspos matahari secara langsung, massa mekar yang lama dan juga harum baunya. Warna anggrek ini kelopaknya putih dan kuning dibagian dalam dekat dengan inti bunga. Jenis lain yang menjadi primadona adalah anggrek violet atau anggrek ungu, anggrek sikat gigi dan anggrek jingga. Adapun anggrek hitam dan jenis anggrek lainnya banyak sekali yang tumbuh di tanah air. Anda tinggal memilih mana yang paling cantik dan cocok untuk hiasan rumah anda.

Bunga anggrek dapat menjadi referensi hiasan rumah anda baik di dalam maupun di luar ruangan. Sifatnya yang dapat ditanam di luar ruangan maupun di dalam ruangan ini dapat anda kreasikan untuk menghias rumah maupun kantor anda agar lebih terlihat fresh dan natural. Cara menanam yang simpel membuat tanaman anggrek ini banyak digemari. Anda tinggal menempelkannya pada dinding maupun tiang atau pepohonan yang berkayu. Anda juga dapat menanamnya dengan pot gantung yang medianya berupa arang kayu atau sabut kelapa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *