Mengapa Mendaftar Beasiswa Itu Penting ?

Selebelum membahas mengenai kepentingan mengetahui manfaat beasiswa, mari kita mengetahui makna beasiswa. Beasiswa adalah bantuan dana yang diberikan kepada pelajar guna membantu pembiayaan selama menjalani studinya, baik untuk beasiswa S1, maupun beasiswa S2 S3. Bantuan tersebut dapat diberikan oleh individu, kelompok, lembaga maupun pemerintah. Bentuk bentuk yang diberikan pun ada berbagai macam, seperti pembiayaan kuliah, bantuan uang bulanan, maupun gabungan dari pembiayaan kuliah serta uang bulanan. Dengan menjadi penerima beasiswa, keuntungan utama yang dapat diperoleh yaitu mengurangi beban pembiayaan selama masa studi. Tak hanya itu, manfaat menjadi penerima beasiswa sangatlah banyak, seperti :

  1. Menjadi Pribadi Pekerja Keras

Dengan melengkapi seluruh persyaratan pendaftaran, kemudian mengikuti seluruh tahap seleksi yang diberikan, tentu dirimu akan menghadapi kebosanan ataupun kejenuhan. Saat pengumuman hasil seleksi, dan kamu menemukan ada nama kamu yang tertulis disana, tentu kamu akan sangat bangga, karena usaha keras yang kamu kerjakan setiap harinya membuahkan hasil. Dengan menjadi penerima beasiswa tentunya kamu sudah mengalahkan banyak orang pintar diluar sana, dan itu berkat usaha, doa, dan kerja kerasmu sebelum melaksanakan seleksi. Dan selamat, kamu telah diterima.

  1. Memiliki Banyak Relasi

Dengan mengikuti seluruh mekanisme pendaftaran, tentu kamu akan menemukan banyak sekali teman yang baru. Teman tersebut bisa kamu kenali saat kamu sedang melakukan seleksi. Selain itu, saat kamu diterima menjadi penerima beasiswa yang kamu inginkan, dan beasiswa tersebut memiliki organisasi, tentu di organisasi tersebut kamu pasti akan mendapat relasi yang sangat banyak. Relasi ini sangatlah penting di masa mendatang nantinya, terutama saat lulus wisuda dan kamu membutuhkan lowongan pekerjaan. Dengan banyaknya relasi, tentu akan banyak juga informasi yang kamu dapatkan seputar pekerjaan yang kamu cari. Bukan hanya itu, relasi juga dapat kamu jadikan partner untuk melakukan eksperimen ataupun penelitian guna melengkapi skripsi maupun penelitian ilmiahmu.

Dari kedua manfaat tersebut, masih memandang remeh beasiswa ? jika tidak, mari mulai mengenal bantuan besar apa saja yang diberikan pemerintah kepada masyarakat Indonesia. Untuk beasiswa dengan dana besar bagi mahasiswa S1 ialah beasiswa bidik misi. Adapun beasiswa terbesar untuk S2 terutama untuk beasiswa luar negeri 2017 yaitu beasiswa LPDP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *