Balita Mengalami Batuk Berdahak? Begini Cara Mengatasinya!

Anak-anak terutama yang masih berusia balita memang sering terkena flu dan batuk. Sebagai orangtua tentu akan sangat khawatir ketika balita terkena batuk berdahak. Oleh karena itu, kita harus tahu info sehat mengenai cara mengobati batuk berdahak pada balita yang aman dan efektif. Batuk berdahak yang dialami anak-anak dan balita kerap disebabkan oleh penyakit batuk-pilek atau biasa disebut dengan “common cold” dalam bahasa medis, dan kalau dalam masyarakat Indonesia sering disebut dengan “masuk angin”.

Common cold ini disebabkan oleh virus yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya meski kita diamkan saja tanpa harus minum obat. Namun, kesembuhan tersebut memang butuh waktu dan seringkali ketika balita terkena batuk-pilek, orangtua ingin agar anaknya bisa cepat sembuh.

Bila pilek balita sudah sembuh, penyakit yang masih tersisa selanjutnya adalah batuk yang disertai dahak. Batuk jenis ini ditandai dengan bunyi “grok-grok”, dan terasa berat seakan balita sulit atau tidak dapat mengeluarkan dahak. Batuk berdahak pada balita biasanya juga akan sembuh dengan sendirinya, rata-rata memerlukan waktu antara 1 sampai 3 minggu. Bila batuk pada balita lebih dari waktu tersebut, maka penting untuk memeriksakannya ke dokter karena bisa jadi batuk ini merupakan indikasi dari penyakit berbahaya yang menyerang saluran pernapasan.

Lantas, bagaimana cara mengobati batuk berdahak pada balita agar cepat sembuh?

Pada sejumlah kasus, batuk berdahak yang disebabkan oleh asma, brokiolitis, dan croup, memang dapat diatasi dengan terapi uap. Yaitu mendekatkan balita pada air panas yang diletakkan di baskom atau mangkuk. Akan tetapi, pada kasus batuk berdahak yang dialami balita karena sebab common cold, belum tentu dapat efektif untuk mengatasinya.

Cara mengobati batuk berdahak pada balita yang disebabkan oleh masuk angin (common cold) sebenarnya cukup sederhana, yaitu dengan memberikannya minum air hangat. Cara ini justru sangat efektif dalam meredakan batuk pada balita menurut para ahli kesehatan. Untuk penjelasan lengkap mengenai cara mengobati batuk berdahak dapat dilihat disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *